Senin, 02 Mei 2011

Teknologi AS menemukan Osama bin Laden


Buronan paling dicari Amerika Serikat (AS), Osama bin Laden, terkenal pandai sembunyi. Berikut teknologi yang pernah dipakai AS untuk mengejar buronan ini.

AS telah mengejar-ngejar Osama bin Laden sejak peristiwa World Trade Center lalu (9/11) dan banyak cara yang tak membuahkan hasil. Berikut cara-cara yang pernah dilakukan AS untuk mengejar bin Laden.

Model pelacakan biologis

Geografer University of California-Los Angeles (UCLA) Thomas Gillespie dan John Agnew membuat model pencarian pemimpin teroris itu menggunakan teknik yang sama untuk melacak binatang dan pola migrasinya.

Murtaza Haider dari Ted School of Management Ryerson Unversity mengatakan, “Profesor geografi UCLA menggunakan analisa spasial guna menentukan tempat persembunyian bin Laden”.

Sejumlah model biologis bisa sangat berguna dalam mencari bin Laden.

Pertama disebut teori distance decay (DD). Teori ini menggambarkan efek jarak pada budaya atau interaksi spasial. Kemungkinan menemukan hewan lain menurun secara eksponen saat pergi lebih jauh dari tempat tinggal.

distance decay adalah istilah geografis yang menjelaskan pengaruh jarak terhadap interaksi budaya atau spasial. Distance decay menyatakan bahwa nilai interaksi antara dua penghuni menurun berbanding dengan nilai jarak antara mereka yang meningkat. Setelah jarak dua penghuni ada diluar lingkar tempat kegiatan mereka, interaksi mereka mulai menurun.

Dengan munculnya perjalanan lebih cepat, jarak memiliki efek lebih kecil daripada dahulu, kecuali tempat-tempat yang sebelumnya dihubungkan oleh jalan seperti kereta api . Kemajuan teknologi komunikasi, seperti telepon, radio dan siaran televisi, dan internet, telah mengurangi efek jarak tsb.

Istilah tersebut termasuk "gesekan jarak," yang mana menggambarkan kekuatan yang menciptakan distance decay dan Hukum Geografi pertama Waldo R. Tobler, menyatakan "Semua hal terkait, tetapi hal-hal dekat yang lebih terkait dari hal-hal yang jauh."

Distance decay secara grafis diwakili oleh garis yang melengkung ke bawah karena jarak sepanjang sumbu x meningkat. Distance decay dapat diwakili oleh ekspresi matematis I = 1 / d ², dimana I adalah interaksi dan d adalah jarak antara bentuk lain. Hal ini juga bergantung pada pertimbangan keputusan untuk bermigrasi, menyebabkan banyak migran yang kurang bergerak jauh dari mereka awalnya dimaksud.

Jarak distance decay juga terlihat di kota / pusat kota. Hal ini dapat merujuk kepada:
-jumlah pejalan kaki mendapatkan lebih jauh dari pusat Central Business District (CBD),
-kualitas jalan menurun karena jarak dari pusat meningkat,
-kualitas toko menurun karena jarak dari pusat meningkat
-ketinggian bangunan menurun karena jarak dari pusat meningkat
-harga tanah menurun karena jarak dari pusat meningkat
Kedua disebut island biogeography (IB), teori ini merujuk pada wilayah habitat yang dikelilingi wilayah yang tak bisa ditinggali.

Melalui kedua cara itu, informasi mengenai hewan tertentu akan dipersempit pada tempat hewan bisa ditemukan. Melalui DD, bin Laden diketahui tak akan pergi jauh dari tempat terakhir ia diketahui. Melalui IB, bin Laden diketahui berpeluang besar dapat ditemui di kota besar.

Rock Phone

Osama bin Laden diduga bersembunyi di gua di pegunungan Afghanistan atau Pakistan. Tentara AS berencana membeli sistem komunikasi inovatif bernama Rock Phone.

Perangkat ini bisa menembus gua, terowongan, tambang, dan struktur bangunan besar yang tak bisa ditembus frekuensi radio. Hal ini memungkinkan tentara saling berbicara dari bawah tanah ketika mendekati pemimpin paling dicari itu.

Penyedia perangkat ini, Ultra Electron, juga memasok tentara AS dengan perangkat peledak khusus yang diberi nama MI-RAMS. Perangkat ini mampu memancarkan sinyal melalui batu atau bumi untuk meledakkan bom dari jarak jauh. Untuk itu, AS menghabiskan dana US$5,7 juta (Rp 48,8 miliar). [sumber]
____________

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More